Thursday 6 November 2014

5 Hal Yang Jarang Diketahui Mengenai Sistem Operasi Android


Siapa diantara kita yang tidak mengetahui atau tidak menggunakan handphone berbasis Android, saya yakin kebanyakn dari para pembaca merupakan salah satu dari sekian juta pengguna Androiddi seluruh dunia. Namun tahukah anda mengenai sistem operasi android, jika belum, saya sudah menyiapkan informasi mengenai 5 hal yang jarang diketahui mengenai sistem operasi android.

Sistem Android yang kini sudah sampai pada seri kelima nya ini ternyata memiliki sejarah yang panjang, dimulai dari tahun 2008 saat HTC Dream menjadi smartphone pertama berbasis android, dan sekarang, sekitar 6 tahun perjalanan, menjadikan platform smartphone terbesar.

Walau pun begitu, tak banyak pula yang tahu mengenai sistem android. Jika anda penasaran, ini dia 5 hal yang jarang diketahui mengenai sistem operasi android :

  • Android Diproyeksikan Sebagai Sistem Operasi Untuk Kamera Digital.


                Google pertama kali mengenal Android tahun 2005. Platform tersebut diperkenalkan oleh Andy Rubin sebagai “solusi handset open-source”. Namun, setahun sebelumnya, ia mengembangkan Android dengan sistem informasi untuk kamera digital.

Beruntung, dia menyadari bahwa masa depan ada di smartphone bukan pada kamera digital. Rubin akhirnya memilih smartphone, android sendiri pernah digunakan untuk kamera digital. Hal ini berlanjut pada beberapa kamera digital sekarang uang menggunakan platform android.

  • Android Pernah Dianggap Bukan Merupakan Salah Satu “ANCAMAN”.


                Tahun 2007 Google dan kawan-kawan membentuk Open Handset Alliance, sekaligus meresmikan peluncuran Android sebagai sistem operasi berbasis Linux. Pada tahun itu pula, Symbian,Blackberry,Palm dan Windows Mobile merupakan “Monster” dalam industri ponsel, sementara Apple baru merilis iPhone Pertamanya.
                Petinggi Symbian pernah mengatakan “ Kami telah memiliki pengalaman sembilan tahun dan mungkin telah melihat lusinan platform baru datang dan mengatakan bahwa kami bakal terancam. Kami menganggap hal ini serius,tapi kami satu-satunya yang memiliki ponsel sejati, platform ponsel sejati,dan pengalaman yang berlimpah selama bertahun-tahun”.

  • Android Merupakan Sistem Operasi dan Produk Teknologi Dengan Perkembangan Tercepat.


                Menurut data yang dirilis tahun 2013,pengguna aktif android mencapai 1milyar hanya dalam waktu lima tahun yang membuat android menjadi sistem operasi yang berkembang paling pesat. Android juga disebut sebagai produk teknologi dengan perkembangan tercepat didunia.
                Perbandingannya, Apple butuh 6 tahun untuk merangkul 700juta user iOS,Symbian 450juta user dalam 11 tahun.

  • Semua Bisa Menjadi Developer Android.


                Vendor iOS mengharuskan membayar $99/tahun untuk menjadi seorang developer. Namun Android menggratiskan hal tersebut agar banyak developer untuk membuat aplikasi dan permainan di platformnya.
                Namun, jika anda ingikan mempublikasikan konten buatan anda melalui Google Play,anda diwajibkan membayar registrasi satu kali sebesar $25. Sebuah harga yang murah melihat keuntungan yang nantinya akan didapatkan.

  • Sejarah Logo Android


                Si Hijaunya Android yang merupakan sebuah bentuk robot ini diciptakan pada 2007. Pembuatnya adalah Irina Blok, desainer kelahiran Rusia yang tinggal di San Francisco(kini dia sudah tidak bekerja di Google). Irina diminta untuk membuat logo sederhana yang mengusung elemen robot. Ia pun kemudian menemukan inspirasi dari stiker di pintu toilet yang menandakan ruangan untuk pria dan wanita. Dari hal tersebut, maka lahirlah si robot hijau ini.
                Yang menarik adalah,dengan mengusung android yang dapat dikembangkan siapa pun, logo tersebut juga dapat dimodifikasi dan digunakan sesuka hati. Namun tetap harus berada di jalur/lisensi yang tertulis dalam Creative Commons Attribution 3.0.


Sekian informasi mengenai 5 hal yang jarang diketahuimengenai sistem operasi android. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima Kasih...

0 comments:

Post a Comment