Wednesday 1 October 2014

Tips Meningkatkan Daya Ingat





Lupa merupakan salah satu hal yang sering menimpa kita sebagai manusia. Memiliki sifat pelupa tentu merupakan hal yang buruk, bagi beberapa orang bahkan dapat menyebabkan terjadinya musibah. Contohnya saja bagi seorang pegawai yang pelupa, ketika diberi perintah oleh atasannya namun dia lupa mengerjakannya. Akibatnya dia akan dimarahi oleh atasannya.

Nah, untuk mengatasi terjadinya lupa, dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips meningkatkan daya ingat kepada anda. Berikut ulasannya :

  • Senam Otak

Otak di ibaratkan sebagai otot tubuh, semakin sering dilatih akan menjadi semakin kuat. Maka dari itu untuk melatih otak bisa dimulai dengan melakukan senam otak secara teratur. Nantinya jika di terapkan maka kemampuan daya ingat kita akan meningkat serta kemampuan berfikir pun turut meningkat. Senam otak sendiri sangat beragam, disini akan diberi sedikit contoh senam otak dasar.
  1. Gerakan Silang : Berupa latihan gerakan kaki dan tangan digerakkan secara berlawanan bisa ke depan, ke samping, maupun ke belakang. Agar tidak monoton bisa di iringi dengan musik favorit anda. Manfaat : Merangsang bagian otak yang menerima informasi (receptive) dan bagian yang mengungkapkan informasi (expressive), sehingga memudahkan proses mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan daya ingat.
  2. Gerakan Memutar : Berupa latihan yang bisa dibilang sangatlah mudah karena hanya menggunakan tangan kanan dan ibu jari dari kanan anda. Sederhana sekali, anda tinggal meluruskan tangan kanan anda tepat didepan dada, angkat ibu jari anda, fokuskan mata anda ke ibu jari anda. Lalu gerakan tangan anda 360 derajat. Sederhana bukan?

  • Bermain Game

Siapa yang menyangka bahwa bermain game dapat menyebabkan daya ingat meningkat? Namun game disini bukan sembarang game, melainkan game yang berbasis kinerja otak seperti game strategi. Kenapa? dengan bermain game bergenre strategi secara tidak langsung akan menstimulus otak kita agar mengingat sesuatu yang dilakukan. Dengan demikian proses mengingat tersebut seperti halnya melatih otak secara teratur. Maka dari itu sebenarnya tidak semua game itu memberi dampak buruk. Jadi jangan heran jika banyak orang cerdas yang memiliki hobi bermain game.


  • Libatkan Panca Indera
Hal ini perlu diketahui bagi anda yang ingin memiliki daya ingat berkualitas untuk melibatkan panca indra saat menerima informasi baru. Ketika proses penyerapan informasi melibatkan banyak panca indra maka informasi baru yang di ingat akan semakin kuat. Sehingga ingatan yang tersimpan di otak lebih mudah untuk di panggil saat dibutuhkan. Maka dari itu kurangilah ketergantungan terhadap gadget-gadget canggih yang memberikan fitur pengingat. Alangkah baiknya meskipun menggunakan gadget tersebut namun tetap menggunakan ingatan kita juga.
  • Relaksasi & Meditasi
Relaksasi diri maupun meditasi ternyata memiliki peranan yang penting dalam menjaga kualitas dan kinerja otak kita. Saat seseorang melakukan relaksasi dan meditasi, hal itu akan membuat otot-otot menjadi rileks dan beristirahat dengan baik. Saat hal tersebut dilakukan maka akan mempermudah daya konsentrasi yang berdampak meningkatkan kemampuan mengingat seseorang. Sebaiknya dilakukan secara teratur. Sehingga informasi yang diserap otak nantinya akan maksimal.

  • Menjaga Kesehatan Tubuh
"Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" merupakan peribahasa yang tepat. Hal ini ternyata juga berlaku terhadap kemampuan otak kita, dimana didalam tubuh yang sehat terdapat daya ingat yang kuat dan otak yang cemerlang. Ketika kondisi seseorang tidak sehat maka dampak yang dirasakan bukan hanya pada perasaan letih dan lelah saja. Hal itu bisa juga berdampak pada kinerja otak yang menjadi kurang maksimal. Ibaratkan kendaran bermotor jika dalam kondisi tidak terawat tidak akan mungkin bisa memiliki performa prima. Maka dari itu jagalah kesehatan anda dengan rajin berolahraga secara teratur.

  • Istirahat Yang Cukup

Otak juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Apabila kita kurang istirahat bisa mengakibatkan ketengangan di otak sehingga mudah stress. Ketika seseorang mengalami stress, daya ingat dan konsentrasinya akan menurun secara drastis. Kemampuan otak jadi tidak maksimal dan cenderung membuat seseorang mudah lupa. Maka dari itu istirahat yang cukup memiliki peranan penting agar seseorang memiliki daya ingat yang kuat.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Otak juga membutuhkan nutrisi agar sehat dan bekerja optimal. Ada banyak makanan yang sangat baik untuk otak berupa makanan yang kaya akan Zat besi, omega3, vitamin B, dan Ginko biloba serta zat-zat penting lainya. Anda bisa konsumsi bayam yang kaya zat besi, ikan slamon, tuna yang kaya omega3 untuk otak dan antidioksida untuk menahan proses penuaan.
Agar daya ingat anda tetap terjaga serta kemampuan otak anda dapat bekerja maksimal, sebaiknya hindari hal-hal berikut:
Konsumsi obat tidur karena akan berdampak pada menurunnya kemampuan mengingat
Hindari narkoba
Berbagai jenis obat-obat terlarang

sekian artikel saya mengenai tips meningkatkan daya ingat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf apabila ada hal atau perkataan yang kurang baik. Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment