Tuesday 21 October 2014

Manfaat Memeriksakan Kehamilan Secara Rutin

Selamat datang kembali di blog sederhana saya ini, dalam postingan saya kali ini saya akan membahas mengenai Manfaat MemeriksakanKehamilan Secara Rutin.
Manfaat Memeriksakan Kehamilan Secara Rutin
USG ketika memeriksakan kehamilan
Mungkin beberapa dari kita terutama pasangan suami istri yang sedang menantikan lahirnya anugrah dari sang Pencipta sering dianjurkan untuk memeriksakan kandungan secara rutin. Namun ada hal yang menganggap hal itu sangat sepele, tapi faktanya memeriksakan kehamilan secara rutin itu sangat dianjurkan oleh para dokter, ingin tahu alasannya, silahkan simak postingan saya ini.

Kehamilan memang sesuatu yang sangat menggembirakan bagi pasutri. Namun apa jadinya bila sang istri tidak memeriksakan kehamilannya secara rutin. Ada seorang wanita yang tengah bertanya pada seorang dokter disalah satu situs kesehatan yang saya baca, pertanyaan nya seperti ini “Apakah dampak bila kehamilan dilakukan tanpa adanya pemeriksaan yang rutin?”

Berikut adalah penjelasan sang dokter yang telah saya rangkum.
Sebagai wanita yang tengah mengandung,alangkah baiknya memahami bahwa masa kehamilan merupakan periode pertumbuhan dan perkembangan embrio. Dalam kondisi tersebut perlu dilakukan evaluasi atas kesehatan ibu dan janin agar berada dalam kondisi terbaik dan sehat saat persalinan

Berbagai tahap dalam periode kehamilan memiliki waktu yang kritis dan berkaitan dengan diferensiasi dan tumbuh. Nantinya embrio  dari sel akan memiliki fungsi spesifik dengan pertumbuhan yang semakin bertambah, bila masa tersebut tidak terjaga dengan baik maka potensi kecacatan prenatal selama diferensiasi.

Maka, diperlukan program terencana seperti observasi,edukasi dan penanganan medik pada sang ibu agar proses kehamilan dan persalinan berjalan lancar.Pemeriksaan juga membantu sang ibu mendapat peningkatan kualitas kesehatan fisik dan mental sang ibu dan janin. Di sisi lain, pemeriksaan juga menjadi sarana deteksi dan tatalaksana bila terjadi komplikasi, termasuk mempersiapkan menghadapi persalinan dan kemungkinan komplikasi

Hal tersebut juga dapat ”mendorong” kesuksesan sang ibu untuk menyusui,mengetahui masa nifas normal,kebutuhan merawat anak secara fisik,psikologis dan sosial. Pada umumnya, periode dalam format pemeriksaan kehamilan teratur dalam program tersebut dimulai dengan penjadwalan bertingkat susai dengan umur kehamilan.

Dengan formulasi mulai saat hamil hingga usia 28minggu,frekuensi setiap 4minggu(7X) kemudian bertambah saat usia kehamilan 28-36mingguberfrekuensi 2minggu(4x) dan saat usia kehamilan 36 sampai partus dilakukan pemeriksaan setiap 1minggu(4x),bila terjadi komplikasi yang lebih sering.


Sekian postingan saya kali ini mengenai Manfaat Memeriksakan Kehamilan Secara Rutin semoga bermanfaat. Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment