Tuesday 21 October 2014

Efek Buruk Lampu Malam Bagi Kesehatan

Selamat Datang......

Ketika malam hari kita pasti sering beraktifitas saat malam hari seperti bermain gadget dan lain-lain. Namun tahukah anda cahaya buatan yang dihasilkan dari gadget dan alat elktronik lainnya bagi tubuh anda, jika belum, saya telah menyiapkan ulasannya bagi anda dalam postingan ini mengenai Efek Buruk Lampu Malam Bagi Kesehatan .

Cahaya buatan yang dihasilkan dari lampu,layar komputer/laptop dan gadget telah mengubah pola hidup kita saat malam hari. Karena hal itulah kita semakin banyak beraktifitas saat malam hari.

Kekhawatiran pun sekarang semakin berkembang dikarenakan paparan cahaya buatan yang terus-menerus dapat menggangu kesehatan juga ritme kinerja tubuh. Cahaya buatan ini mempengaruhi produksi melatonin yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang berada di otak.

Seperti yang dilansir oleh harian terkenal Daily Mail, melatonin memicu perasaan kantuk dan dilepaskan ketika hari gelap, dengan tingkat rata-rata rasa kantuk memuncak sekitar pukul 2.00

Melatonin juga memiliki peran penting lainnya, termasuk menjaga tekanan darah dan kadar gula darah yang sehat. Namun, karena cahaya ini selalu bersinar di waktu tidur. Hal ini menekan produksi melatonin, jadi mungkin akan menunda tidur dan mempengaruhi jam kerja tubuh.

Profesor Jim Horna, mantan kepala penelitian tidur di Loughborough University mengungkapkan, beberapa orang sangat sensitif terhadap cahaya buatan. Dan perlu diketahui juga pada bahwa akhirnya menyebabkan seseorang menderita kurang tidur hingga berefek pada masalah kesehatan yang serius.

Berulang kali, waktu tidur rusak karena cahaya ini. Hal ini juga ditemukan bisa meningkatkan resiko serangan jantung hingga 50% dan stroke 15%. Namun, masih banyak lagi efek buruk lainnya, seperti :

  • Menambah Berat Badan

Ilmuwan di Northwestern University,Chicago baru-baru ini menemukan paparan cahaya dari gadget dan komputer bisa menambah berat badan(namun jangan dilakukan jika anda ingin gemuk,karena efek yang ada diatas). Bahkan saat anda mencharge ponsel disamping tempat tidur, bisa memiliki efek buruk lainnya bagi kesehatan.

  • Meningkatkan Resiko Kanker 

Menggunakan perangkat elektronik saat larut malam tidak menyebabkan kerusakan apapun, namun paparan yang terjadi berulang kali telah dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker. Namun, ek ini hanya akan terjadi akibat pengaruh cahaya buatan. Pencahayaan yang lebih luas seperti lampu disamping tempat tidur, membuat efeknya tidak terlalu signifikan meningkatkan resiko

  • Membuat Anak-anak Lebih Cemas : 

Sebuah studi dalam jurnal Physiology dan Perilaku menemukan bayi tikus yang terkena cahaya buatan dari usia muda menunjukan tanda-tanda lebih stress dan cemas dibandingkan yang tidur dalam kondisi gelap. Hal ini diprediksikan akibat kadar hormon stress seperti kortisol yang meningkat.

  • Meningkatkan Resiko Diabetes Tipe 2 :

Sebuah studi menunjukan lampu dibagian lain dari rumah justru bsa menyebabkan resiko diabetes tipe 2. Peneliti menemukan orang tua lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes jiak duduk dibawah lampu terang selama 4 jam sebelum tidur daripada yang redup.

Salah satu solusi menurut Profesor Horne, mungkin beralih ke bola lampu merah. “Jam tubuh tidak begitu sensitif terhadap cahaya merah, jadi jika anda ingin menghindari efek samping dari cahaya pada malam hari, maka itu adalah pilihan yang baik”

Sekian informasi mengenai Efek Buruk Lampu Malam Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment