Tuesday 21 October 2014

10 Gejala Kehamilan Yang Patut Diwaspadai

10 Gejala Kehamilan Yang Patut Diwaspadai ini

Wanita Hamil

Selamat Datang..

Artikel saya kali ini akan membahas mengenai 10 gejala kehamilan yang patut diwaspadai, apa saja gejala tersebut. Berikut ini artikel saya.


Kehamilan tentu saja sangat ditunggu oleh para pasutri dalam menjalin hubungannya, namun terkadang keadaan sang istri yang dianggap biasa saja ternyata bisa menjadi sesuatu yang berbahaya, berikut 10 gejala kehamilan yang patut diwaspadai :

  1. Bercak darah dan pendarahan
10 Gejala Kehamilan Yang Patut Diwaspadai
Pendarahan saat kehamilan

“Setiap ada pendarahan pada kehamilan, anda harus tahu dari mana sumbernya”, kata Dr.Francis Chang yang bekerja di kebidanan dan ginekologi RS Good Samaritan,Los Angeles,California. Selama masa 8minggu kehamilan,bercak biasanya normal. Hal ini menunjukan bahwa embrio tertanam didalam rahim. Pendarahan juga bisa terjadi dari Mrs. V yang baru berhubungan intim / leher rahim yang tentunya tidak berbahaya bagi kehamilan anda.


Namun jika ada bercak dan terasa nyeri mungkin anda mengalami kehamilan ektopik. Pendarahn juga menunjukan bahwa leher rahim anda semakin pendek atau terbuka,mengalami keguguran,atau tand peringatan plasenta previa. Terlepas dari apa yang anda pikirkan, ide baik untuk menghubungi dokter ketika mengalami bercak dan pendarhan

2. Kontraksi

10 Gejala Kehamilan Yang Patut Diwaspadai ini
Wanita yang sedang mengalami kontraksi
Banyak ibu yang sedang hamil merasa khawatir saat pertama kali mengalami kontraksi Braxton Hicks,kontraksi yang tidak seperti biasa dan menyakitkan dan tidak teratur. Kontraksi ini juga dapat terjadi selama trisemester kedua masa kehamilan,namun lebih sering di trisemester ketiga. Jika Anda juga mengalami dehidrasi, maka anda merasakan kontraksi tersebut. Sebelum 24minggu, kontraksi juga berarti bahwa anda mengalami infeksi saluran kemih. Baik kontraksi yang menyakitkan atau biasa, jika demikian segera hubungi dokter.

3. Gerakan bayi melambat atau berhenti

Antara 17&18minggu anda akan merasakan gerakan bayi meskipun kadang terasa bergetar. Gerakan dan tendangan dari bayi anda akan lebih kuat ketika usia kehamilan anda menginjak 24minggu. Terkadang sang janin akan tenang di siang hari dan lebih aktif di malam hari. Jika pergerakan bayi anda melambat, sangat dianjurkan minum secangkir air es atau jus jeruk bisa juga dengan berbaring miring selama 5menit dua kali sehari dan menghitung gerakan bayi anda. Jika anda memiliki kurang dari 5 gerakan dalam kurun waktu 30menit, segera hubungi dokter.

4. Nyeri kaki

10 Gejala Kehamilan Yang Patut Diwaspadai ini
Nyeri kaki
Kehamilan meningkatkan pelung untuk mengalami trombosis pembuluh darah mendalam. Maksudnya adalah suatu kondisi dimana terjadinya pembekuan darah dan dapat mengancam jiwa. Peningkatan Progesteron yang menyebabkan pembuluh darah dikaki meluas dan membuat aliran darah ke kaki menjadi lambat. Jika anda mengalami rasa sakit di betis, berhati-hatilah dan segera kunjungi dokter

5. Depresi

10 Gejala Kehamilan Yang Patut Diwaspadai ini
Wanita hamil yang depresi
Antara 14-23% wanita akan merasa depresi selama masa kehamilan, jika anda mengalami depresi sekarang , kesempatan anda mengalami depresi postpartum menjadi lebih tinggi. Dianjurkan untuk mengkonsultasikannya kedokter atau ahli kesehatan mental.

6. Bengkak

Sekitar 70-80% wanita mengalami pembengkakan dibagian kaki,wajah, dan tangan selama kehamilan. Jika anda memiliki tekanan darah yang tinggi/sakit kepala, anda mungkin mengalami preeklamsia.

7. Keputihan

Normal saja jika anda mengalami keputihan selama masa kehamilanyang jernih. Namun jika ada darah yang ikut keluar/anda merasa adanya tekanan atau sakit, beritahukan kepada dokter. Selama tri semester kedua, bisa berarti serviks anda membuka lebih awal yang bisa menyebabkan keguguran.

8. Menggigil dan demam

10 Gejala Kehamilan Yang Patut Diwaspadai ini
Demam saat hamil
Menurut Dr.James, “Setiap jenis demam dan nyeri harus dianggap serius. Hal ini tergantung dibagian mana anda merasakan rasa sakit tersebut, anda bisa mengalami infeksi ginjal,listeria,atau pneumonia, yang semuanya itu serius selama kehamilan.

9. Sakit kepala

Hal ini merupakan salah satu keluhan yang paling sering terjadi dikarenakan perubahan hormnon yang drastis dan peningkatan volume darah tubuh anda. Kurang tidur,stress dan mengkonsumsi kafein dapat membuat sakit kepala menjadi semakin menjadi.

Meskipun sakit kepala yang anda rasakan itu biasa,tapi selama trisemester kedua maupun ketiga bisa menjadi tanda preeklampiasa terutama jika anda tidak pernah merasakan separah itu sebelumnya.

10. Sesak nafas

Kenaikan progesteron dan peningkatan lemak perut dapat membuat anda sulit bernafas. Ini normal, akan tetapi itu bisa menjadi gejala dari emboli paru,penyakit jantung atau penyakit paru-paru.

Sekian artikel saya mengenai 10 gejala kehamilan yang patut diwaspadai. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment